Mengenal Search Engine atau Mesin Pencari

SEO (10)Mengenal Search Engine atau dalam bahasa kita mengenal mesin pencari, Apa dan kenapa adanya mesin pencari, dan bagaimana cara kerja mesin pencari, dalam postingan ini Gee akan coba jelaskan beberapa poin mengenai mesin pencari.
Apa itu mesin pencari ? menurut id.wikipedia mesin pencari merupakan sebuah aplikasi program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen-dokumen yang tersedia. Hasil pencarian umumnya ditampilkan dalam bentuk daftar yang seringkali diurutkan menurut tingkat akurasi ataupun rasio pengunjung atas suatu berkas yang disebut sebagai hits. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya. Beberapa mesin pencari juga diketahui melakukan pengumpulan informasi atas data yang tersimpan dalam suatu basisdata ataupun direktori web. Adapun list dari mesin pencari klik disini.

Kenapa ada mesin pencari ? pernahkah membayangkan dimasa sekarang ini belum ada mesin pencari ? tepat! Jawabanya benar, semua orang pastinya akan kesulitan mencari sebuah informasi atau sesuatu dengan jutaan website yang ada didalam jaringan internet, adanya mesin pencari sebenarnya adalah untuk kemudahan manusia dalam melakukan sesuatu yang berhubungan dengan informasi dan data yang akan digunakan. Ada beberapa faktor kenapa menggunakan mesin pencari diantaranya :

  1. Untuk Tujuan Penelitian : Hampir kebanyakan orang yang menggunkan mesin pencari adalah untuk tujuan peneliatian, umumnya mereka mencari jawaban atau setidaknya data yang dapat digunakan untuk membuat keputusan. Contoh seorang mahasiswa yang akan melakukan penelitian sebagai tugas akhir, biasanya mereka akan mencari melalui mesin pencari untuk menemukan sebuah situs yang relevan dengan penelitian yang dilakukan misalkan mencari statistic jumlah gempa yang terjadi setiap tahun dan lain sebagainya.
  2. Untuk Shopping atau belanja : Memang secara persentasi tidak begitu banyak yang melakukan belanja melalui mesin pencari namun masih banyak yang mencari sebuah produk untuk di beli melalui mesin pencari, hal itu terbukti dengan banyaknya orang mencari melalui mesin pencari dengan kata kunci “Harga murah”, “gratis pengiriman”,”diskon” dan lain sebagainya.
  3. Untuk entertainment atau hiburan : Penelitian dan belanja bukanlah satu-satunya alasan untuk mengunjungi mesin pencari. Ada juga pengguna yang menggunakan mesin pencari sebagai sarana menghibur diri mereka sendiri. Mereka mencari hal-hal seperti video, trailer film, game, dan situs jejaring sosial. Secara teknis, itu juga penelitian, tetapi penelitian itu digunakan secara ketat bukan untuk tujuan hiburan. Misalkan seseorang dari tahun 80-an mungkin ingin men-download versi lama-sekolah video ke komputer sehingga dia bisa mengingat hari-hari dimasa lalunya.
searc_engine_first.pngArchie mesin pencari pertama

Bagaimana cara mesin pencari bekerja ? Mesin pencari bekerja dengan merayapi website atau disebut dengan crawl biasanya menggunakan algoritma kepemilikan dan basisdata tertutup, di antaranya yang paling populer adalah Google (MSN Search dan Yahoo!). Telah ada beberapa upaya menciptakan mesin pencari dengan sumber terbuka (open source), contohnya adalah Htdig, Nutch, Egothor dan OpenFTS. Dibawah ini salah satu cara bagaimana google merayapi website dan menentukan sebuah posisi website pada serp (search engine result page)

sumber : http://gee.web.id/mengenal-mesin-pencari/

Tag:, ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: